Rabu, 03 Oktober 2012

Membeli Wayang Kulit Di Pasar Seni Ancol

Wayang merupakan bagian dari kesenian tradisional Indonesia. Ada berbagai macam jenis wayang, seperti Wayang Golek, Wayang Orang, dan juga Wayang Kulit. Nah, jika anda ingin membeli Wayang Kulit ada di daerah Ancol. Cuma ada satu toko di wilayah ini yaitu di Blok A 11 Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara. Kiosnya cukup besar sehingga berbagai jenis kerajinan kulit yang dipajang bisa secara lengkap dilihat. Kios ini buka tiap hari dari jam 08.00 sampai 17.00 sore.
 
Bahan untuk membuat Wayang Kulit berasal dari kulit Kerbau. Pengrajin membuat pola di kuli tersebut dan memahatnya dengan alat bernama Ganden dan tentu saja menggunakan pahat. Setelah selesai, wayang lalu di warnai dengan menggunakan cat air. Butuh waktu lama untuk membuatnya kira-kira satu minggu. Perlu diketahui, untuk merawat Wayang Kulit tidaklah sulit, cukup ditaruh di dalam lemari atau peti dan tidak boleh terkena air. Oleh sebab itu banyak Wayang yang awet hingga ratusan tahun.

Selain wayang Kulit, juga dijual Gulungan, yang biasa digunakan untuk melengkapi pegelaran atau pertunjukan Wayang yang biasa digunakan oleh Dalang. Menariknya, Gulungan tersebut dibuat juga dari kulit Kerbau yang setelah dipahat, pinggirannya akan ditaburi bubuk emas. Oleh sebab itu harganya cukup mahal, sebesar Rp. 3.000.000. proses pembuatannya memakan waktu dua minggu.
 
Ada juga hiasan dinding yang juga terbuat dari kulit. Bedanya, kulit yang digunakan berasal dari Kambing. Biasanya pada bagian tengah hiasan dinding tersebut dilukis gambar-gambar seperti binatang atau juga foto. Harganya yaitu Rp. 350.000. Kerajinan Kaligrafi yang terbuat dari bahan kulit juga dijual di sini.
Suasana disini terbilang cukup sepi, pengunjung biasanya adalah kalangan turis asing yang membeli untuk dijadikan oleh-oleh. (Arie) http://www.gedoor.com
ALAMAT
Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol Blok A11 Jakarta Utara 14420

Tidak ada komentar:

Posting Komentar