Rabu, 03 Oktober 2012

Kue-kue Jadul

Kue adalah penganan favorit yang disukai oleh semua orang, citarasa kue jaman dulu dengan citarasa jaman sekarang tentu berbeda. Di era sekarang ini lebih populer kue-kue dengan sentuhan modern, sedangkan kue tradisional mulai terpinggirkan. Ada beberapa kue atau pun camilan yang terkenal sejak dulu dan sekarang ini mulai sulit untuk didapatkan, dibawah ini beberapa contohnya.

Kue Rangi
Penganan dari Betawi ini mirip seperti kue pancong atau bandros, ukurannya saja yang lebih kecil. Rasanya jauh berbeda karena kue rangi dibuat dari bahan yang sederhana, cuma campuran tepung kanji dan kelapa parut. Setelah dipanggang, kue disajikan dengan larutan gula merah di atasnya. Yang unik cara memasaknya masih menggunakan cara tradisional yakni memakai kayu bakar karena alasan aroma kayu bakar lebih membuat kue terasa lebih enak dibandingkan dengan menggunakan minyak tanah ataupun gas.

(Foto:Istimewa)

Kue Koya
Pernah saya melihat di sebuah Supermarket terkenal di Jakarta kue koya ini dijual, sempat lumayan keget juga karena telah lama juga tidak melihat kue ini lagi. Bentuknya bulat, berbahan dasar kacang hijau. Rasanya manis renyah enak dan pas sekali buat teman di kala senggang atau sore hari bersama dengan teh hangat. Kue ini mudah sekali hancur, dan juga cepat lumer di mulut. Kue ini dijual dalam bentuk kemasan silinder yang dibalut dengan kertas putih. Uniknya dari yang saya lihat terakhir kali bentuk dan desain kemasan serta bahan baku kemasannya tidak berubah, komitmen yang patut diacungi jempol.

(Foto:Istimewa)

Kue Kembang Goyang
Kue ini adalah kue wajib dalam tradisi keagamaan sepeti Lebaran dan Natal, kue yang renyah ini memiliki citarasa yang gurih karena berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Walaupun popularitas kue kembang goyang sudah mulai menurun, seiring dengan banyaknya kue kering yang belakangan ini muncul, tidak membuat kue kembang goyang hilang begitu saja, buktinya masih banyak masyarakat Betawi yang masih peduli untuk melestarikan kue tradisonal tersebut. Hal ini diperlihatkan dengan bertambahnya varian rasa kue kembang goyang yang saat ini beredar. Selain warna dan varian rasa yang menarik, kue kembang goyang juga mudah dibuat serta bahan bakunya mudah didapatkan.

(Foto:Istimewa)

Kue Gambang
Kalau kue yang satu ini pas sekali dinikmati dengan secangkir kopi atau teh manis hangat. Kue gambang ini adalah salah kue tradisional dari Betawi, memang kuliner dari daerah Jakarta ini cukup mendominasi jajanan tradisional kita, mungkin karena kita saja yang berada di Jakarta makanya lebih banyak menemukan kuliner asli dari Betawi. Ciri-cirinya yang berwarna coklat gelap dengan taburan wijen di atasnya membuat kue ini pada masa keemasannya sangat dicari, bahkan menjadi makanan wajib sarapan kelas menengah kebawah waktu itu. Namun sekarang keberadaannya mulai sedikit sulit dicari, terakhir saya melihatnya di Bursa Kue Subuh Senen, mungkin apabila anda yang tertarik untuk merasakan kembali kue Gambang ini bisa mencarinya di sana.

(Foto:Istimewa)

Kue Wajik
Kue wajik atau dikenal dengan nama Rice Cake, terbuat dari ketan dan gula Jawa. Dengan tambahan santan dan daun pandan, rasanya cukup menggoda, dijamin sekali makan tidak akan berhenti. Karena buat saya kue ini merupakan salah satu kue terlezat yang pernah saya nikmati. Agak susuh sih mendapatkannya tapi apabila dicari pasti ketemu kok. Terakhir saya mendapatkan kue ini di pusat Takjil bulan Ramadhan di Benhil, Jakarta Pusat, namun saya cukup kecewa dengan rasanya karena sedikit keras dan kurang gurih rasa dari campuran gula merah dengan santannya. Sepertinya buatan ibu-ibu yang menjual penganan dodol dan kuliner Betawi di daerah Condet, Jakarta Timur lebih lezat. Hal itu dikarenakan si pembuat adalah orang asli dari betawi jadi sangat mengenal sekali cita rasa kue wajik yang sebenarnya.

(Foto:Istimewa)
 
Kue Lidah Kucing
Lidah kucing adalah sebuah sebutan untuk kue yang bisa dibilang mirip bentuknya dengan lidah kucing sungguhan. Kue ini memiliki bentuk panjang, yang didominasi dengan rasa manis dan pasti disukai oleh segala umur. Tidak hanya rasa manis, ada tambahan keju didalamnya yang akan menambahkan rasa asin gurih. Karena kue ini bukan jenis kue pada umumnya mungkin lebih mirip bila dikatakan snack, jadi bila sudah memakan satu pasti ingin terus tambah dan hampir pasti setengah toples bisa habis dalam sekejap.

(Foto:Istimewa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar